Selasa, 28 November 2017

Berita laptop Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap

Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap - Jika anda menggeluti dunia komputer jaringan, maka anda niscaya sering mendengar perihal TCP/IP, Hub, Switch, Bridge dan router. Dulu waktu zaman sekolah sering menerima pertanyaan di buku Lomba Kompetensi Siswa mengenai hal tersebut, salah satunya yang akan kita ulas yakni perihal router. Apa fungsi router? Jelaskan fungsi router? dan apa sih pengertian router?. Beranjak dari pertanyaan tersebut, dulu waktu sekolah banyak buku panduan yang bisa dipakai sebagai rujukan, jadi dengan gampang menjawab perihal fungsi, pengertian dan cara kerja perihal router. Nah, alasannya yaitu kini zaman sudah mulai go online, tidak salahnya aku mencoba mengulas melalui blog sederhana ini.
Router adalah suatu alat yang ibaratnya perantara, jadi si router ini berkhasiat untuk menguhubungkan beberapa jaringan/network, baik itu jaringan yang sama atau jaringan yang berbeda dari segi teknologinya alasannya yaitu alat yang berbeda semisal topologi bus, star, atau ring. Untuk lebih detilnya, mari simak ulasan pengertian router dan fungsinya lengkap dibawah ini.

Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap

 Jika anda menggeluti dunia komputer jaringan Berita laptop Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap
Gambar Fungsi Router dalam Jaringan Komputer

Pengertian Router dalam Jaringan Komputer

Pengertian router adalah suatu perangkat luar komputer atau alat yang mengirimkan paket data melalui jaringan internet menuju perangkat lain atau tujuannya menggunakan proses yang dinamakan routing.
Routing yaitu proses yang terjadi dikala pengiriman paket data dari jaringan satu ke jaringan yang lainnya yang terjadi melalui 3 lapisan(jaringan internet protocol) dari stack protokol 7-lapis OSI.

Fungsi Router dalam Jaringan Komputer

Fungsi router adalah menghubungkan 2 jaringan atau lebih untuk menyalurkan data gosip dari jaringan satu ke jaringan lainnya. Dalam proses penyaluran sinyal data gosip tadi, perangkat baik yang mendapatkan atau yang mengirim harus terkoneksi dengan internet.
Fungsi utama dari router sendiri yakni sebagai pembagi atau penyalur IP address secara stastis atau menggunakan DHCP (baca juga : fungsi dhcp) kepada seluruh perangkat komputer atau laptop yang terhubung pada perangkat router tadi. Setelah fungsi dari router tadi berjalan, maka setiap komputer yang terhubung mempunyai IP address yang unik sehingga sanggup dipakai untuk melaksanakan browsing, setting LAN dan internetan.
Penggunaan router sendiri paling sering kita temui pada warnet, perkantoran, manajemen sekolah, perhotelan dan aneka macam perjuangan atau daerah yang menggunakan akomodasi layanan internet. Teknologi router sendiri kini ini sudah lebih modern dan canggih dengan adanya fungsi wireless. Dengan kelebihan ini, setiap perangkat atau gadget yang bisa menangkap sinyal gelombang radio, sanggup mendapatkan gelombang radio yang dipancarkan router sehingga anda bisa pribadi terhubung dengan internet.

Jenis Router dalam Jaringan Komputer

Jenis router dalam jaringan komputer secara umum terbagi menjadi 2 jenis :
  1. Router statis yaitu router yang di setting manual oleh direktur sehingga mempunyai tabel routing statis
  2. Router dinamis yaitu router yang mempunyai dan menciptakan tabel routing dinamis dengan melihat sinyal kemudian lintas jaringan dan saling terhubung dengan router yang lainnya.

Cara Kerja Router dalam Jaringan Komputer

Cara kerja router ini dinamakan routing yang mempunyai kemampuan untuk mengirimkan data atau gosip sesuai rute perjalanan menuju host baik dari sesama network atau berbeda network. Logikanya sederhana, jikalau data/informasi ditujukan pada host di network lain, maka router akan menjalankan ke network tersebut. Namun, jikalau data/informasi ditujukan pada host dalam satu network, maka router akan menghalangi data/informasi itu keluar dari network.
Dibawah ini ada ilustari cara kerja router dalam komputer jaringan
 Jika anda menggeluti dunia komputer jaringan Berita laptop Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap
Gambar Ilustrasi Cara Kerja Router dalam Jaringan Komputer
Cara Kerja Router menurut gambar ilustrasi di atas :
  1. Ada 2 buah network yang terhubung dengan 1 router.
  2. Network sebelah kiri terhubung ke port 1 router = 192.168.1.0, sedangkan network sebelah kanan terhubung ke port 2 router = 192.155.2.0.
  3. Jika komputer B mengirim data ke komputer C, maka router tidak akan mengirimkan data tersebut k network lain. Sama dengan jikalau komputer E mengirimkan data ke komputer F dan aneka macam contoh dalam satu network.
  4. Namun, jikalau komputer E mengirimkan data ke komputer B, maka router akan mengirimkan data tersebut ke komputer B melalui jaringan lain (network 2 menuju network 1)
Berdasarkan uraian klarifikasi dan gambar diatas, anda niscaya sudah memahami alur dari pengertian router, fungsi dan cara kerjanya. Nah, kini tinggal anda mencoba mempraktekkan atau memahaminya.
Demikian artikel perihal pengertian router dan fungsinya lengkap dengan model cara kerjanya. Semoga bisa menambah wawasan anda perihal jaringan komputer. Ingin lebih tahu mengenai komputer jaringan? Anda bisa membaca related post artikel dibawah. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita laptop Harga Laptop Murah Berkualitas dan Terlaris

Harga Laptop Murah Berkualitas dan Terlaris – Laptop kini ini menjadi kebutuhan wajib diberbagai bidang. Mencari atau membeli laptop yang s...