Sabtu, 25 November 2017

Berita laptop Perbedaan Hub dan Switch dalam Jaringan Komputer

Perbedaan Hub dan Switch - Dalam perangkat jaringan komputer ada istilah yang dikenal dengan hub dan switch. Secara bentuk, kedua perangkat ini hampir terlihat sama, namun mempunyai kinerja fungsi yang berbeda. Beberapa orang awam mengenal keduanya ini sama saja alasannya yaitu dilihat dari sisi bentuknya. Sama halnya saat pertama kali aku dulu belum mengenal hub dan swicth, aku kira kedua alat ini sama. Namun, sehabis bertanya pada hebat komputer jaringan atau coba baca di situs-situs, ternyata hub dan switch ini berbeda. Sebelum mengenal lebih jauh 2 komponen jaringan ini, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa hub itu? dan apa switch itu?.
Hub yaitu perangkat jaringan yang mengirimkan paket data ke semua port yang terhubung ke hub hingga paket data tersebut hingga pada tujuan. Sedangkan Switch yaitu perangkat jaringan yang mendistribusikan paket data eksklusif hingga tujuan antar komputer dalam jaringan serta mempunyai fungsi untuk mengenali topologi jaringan pada banyak layer osi.
Menurut fungsinya switch dan hub ini sama-sama mengirimkan sebuah paket data dalam suatu jaringan komputer. Namun, dalam skala besar dan membutuhkan kecepatan yang handal, switch lebih unggu daripada hub. Berawal dari sini, ada beberapa hal perbedaan antara hub dan switch yang perlu kita ketahui. Mari ikuti ulasannya dibawah ini.

Perbedaan Hub dan Switch dalam Jaringan Komputer

Apa sih perbedaan hub dan switch? Mari kita simak beberapa klarifikasi di bawah ini yang kami rangkum dari aneka macam literatur yang ada.
 Dalam perangkat jaringan komputer ada istilah yang dikenal dengan hub dan switch Berita laptop Perbedaan Hub dan Switch dalam Jaringan Komputer
Gambar 1 : Cara Kerja Hub dan Switch

1. Kecepatan Transfer Data

Switch mempunyai kecepatan transfer data lebih baik dibandingkan dengan hub. Sehingga kini ini banyak yang menciptakan jaringan menggunakan switch. Switch bisa melaksanakan prioritas transmisi data dari mac address yang akan dituju, sehingga bisa mentransmisikan paket data lebih cepat daripada hub yang hanya mengembangkan paket data keseluruh komputer yang terhubung jaringannya.

2. Harga Switch dan Hub

Dari segi ekonomi, harga hub lebih murah dibandingkan dengan harga switch dikarenakan kelebihan fungsi dan keamanan yang ditawarkan switch.

3. Sistem Transmisi

Switch mentransmisikan paket data sesuai request dari komputer yang membutuhkan paket data tersebut, sedangkan hub mentransmisikan paket data yang masuk ke seluruh komputer yang terhubung dengan jaringannya.

4. Segi Keamanan

Dari segi keamanan, hub mempunyai tingkat keamanan lebih rendah daripada switch. Switch menggunakan sistem seleksi terhadap komputer yang terhubung dengannya berupa MAC address, hal ini memungkinkan kalau ada MAC address yang sanggup mengakibatkan duduk perkara pada jaringan sanggup di blok saja.

5. Setting Jaringan (Manageable)

Hub tidak bisa melaksanakan setting perangkat yang terhubung ke jaringan, sedangkan switch bisa di-setting melaksanakan blokir terhadap komputer/mac address yang dirasa mengganggu transmisi data. Switch sendiri kalau digunakan pada jaringan yang kecil menyerupai dirumah, tidak perlu melaksanakan setting yang ribet, hanya perlu colok kabel LAN eksklusif ke switch. Untuk jaringan yang lebih besar menyerupai di kantor atau warnet memerlukan managed switch yang biasanya disetting dengan menciptakan virtual LAN atau VLAN untuk setting kecepatan port, host, filter mac address dll.

6. Letak pada Lapisan OSI Layer

Hub bekerja pada lapisan OSI layer pertama yang dinamakan dengan Physical Layer, sedangkan switch melaksanakan kerjaannya pada lapisan OSI layer kedua yakni Data Link.

7. Beban Kinerja pada Jaringan

Dilihat dari sistem kerjanya, hub mempunyai beban kerja yang mudah dan tidak rumit, sedangkan switch mempunyai beban kerja yang lebih kompleks.
Dari segi kompleksitas fungsi, untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak video di bawah ini :

Video Perbedaan Hub dan Switch

Source : https://youtu.be/eMjpNuBRjk4
Dari aneka macam perbedaan antara hub dan switch yang sudah kita ulas di atas. Anda bisa menentukan mana yang akan anda gunakan untuk membangun sebuah jaringan. Sebelumnya terlebih dahulu Anda harus menentukan tujuan dalam menciptakan jaringan, jaringan itu akan anda buat untuk skala kecil atau untuk skala besar. Jika anda akan menciptakan jaringan untuk skala kecil (rumah, warnet, warkop wifi) anda hanya perlu menggunakan hub, namun kalau untuk skala besar menyerupai kampus, kantor dll perlu menggunakan switch supaya bisa di manageable.
Mau beli switch hub online tapi galau beli dimana? Saya kasih referensinya yang niscaya harga murah dan kualitas bagus. Anda bisa menentukan switch managed atau yang unmanaged sesuai kebutuhan anda. Kunjungi Disini...
Demikian artikel ihwal perbedaan hub dan switch dalam jaringan komputer. Berdasar hal ini, semoga anda bisa mulai menentukan dan memilah mau pakai hub atau switch untuk menciptakan jaringan. Dari aneka macam situs jual beli online, kini ini penjual lebih banyak menjual switch daripada hub. Dikarenakan juga switch mempunyai kelebihan pada fitus managed dan unmanaged, sehingga kalau pembeli ingin menggunakan untuk skala kecil, bisa membeli switch unmanaged sebagai pengganti hub. Semoga isu ini bermanfaat untuk anda para pecinta jaringan komputer. Terima kasih,,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita laptop Harga Laptop Murah Berkualitas dan Terlaris

Harga Laptop Murah Berkualitas dan Terlaris – Laptop kini ini menjadi kebutuhan wajib diberbagai bidang. Mencari atau membeli laptop yang s...