Minggu, 10 Desember 2017

Berita laptop Pengertian dan Fungsi Sound Card Beserta Jenisnya Lengkap

Pengertian dan Fungsi Sound Card Lengkap Beserta Jenisnya - Komputer pada umumnya dapat dipakai untuk memutar musik dan perekaman suara. Kegiatan memutar dan merekam bunyi disini biasanya menggunakan aplikasi media player atau dengan proteksi headset untuk mendengarkannya atau merekamnya. Hardware yang terbenam di dalam motherboard yang membantu aplikasi dapat berjalan yakni sound card.
Sound card secara bahasa berasal dari bahasa inggris "sound" berarti suara, dan "card" berarti kartu, jikalau diartikan seluruhnya soundcard artinya kartu suara. Dalam bahasa sehari-hari mungkin ini tidak akan berarti apa-apa, namun dalam bidang komputer, terutama problem komponen dan hardware, fungsi sound card ini sangat penting. Berikut ini klarifikasi pengertian, fungsi dan jenis sound card berdasarkan aneka macam sumber rujukan baik online maupun offline.
 Komputer pada umumnya dapat dipakai untuk memutar musik dan perekaman bunyi Berita laptop Pengertian dan Fungsi Sound Card Beserta Jenisnya Lengkap

Pengertian Sound Card dan Penjelasannya

Pengertian Soundcard adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) yang fungsi utamanya sebagai pengolah data untuk audio dan suara. Audio atau bunyi yang muncul melalui speaker atau headset pada komputer atau laptop ialah hasil olahan data soundcard. Jika anda mengaktifkan aplikasi multimedia pada komputer, namun tidak keluar bunyi atau audionya maka dapat dibilang ada problem pada soundcardnya. Soundcard ini terhubung ke komputer melalui slot ISA atau PCI pada motherboard. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan teknologi, soundcard mempunyai slot USB atau ditancapkan di socket biasanya disebut sound card eksternal.

Jenis Sound Card dan Penjelasannya

Sound card mempunyai beberapa jenis menurut cara pemasangannya baik di komputer atau laptop. Ada 3 jenis soundcard, yakni sound card onboard, sound card offboard, dan sound card eksternal. Berikut ini klarifikasi 3 jenis sound card menurut cara memasangnya :

1. Sound Card Onboard

 Komputer pada umumnya dapat dipakai untuk memutar musik dan perekaman bunyi Berita laptop Pengertian dan Fungsi Sound Card Beserta Jenisnya Lengkap
Soundcard oundboard ini pada umumnya disebut sebagai sound card yang terpasang pribadi (menempel) pada motherboard komputer. Sound card onboard ini berbentuk chipset yang terpasang pribadi dengan motherboard yang kinerjanya membutuhkan tenaga procesor. Jenis soundcard menyerupai ini cocok jikalau anda hanya menggunakan aplikasi multimedia untuk mendengarkan musik/lagu dan bunyi dari film kesukaan anda.

2. Sound Card Offboard

 Komputer pada umumnya dapat dipakai untuk memutar musik dan perekaman bunyi Berita laptop Pengertian dan Fungsi Sound Card Beserta Jenisnya Lengkap

Soundcard offboard ini pada umumnya disebut sebagai sound card yang dipasang ke slot ISA atau PCI pada motherboard komputer. Seiring perkembangan zaman, kini ini kebanyakan dipasang pada slot PCI, maka dari itu disebut sebagai soundcard PCI. Sound card jenis ini mempunyai kualitas pengolah bunyi lebih elok daripada soundcard onboard, sehingga bunyi atau audio input (rekaman) atau output akhirnya sangat bagus.

3. Sound Card External

 Komputer pada umumnya dapat dipakai untuk memutar musik dan perekaman bunyi Berita laptop Pengertian dan Fungsi Sound Card Beserta Jenisnya Lengkap
Soundcard external ini pada umumnya disebut sebagai sound card yang dipasangan/disambungkan ke komputer hanya melalui port USB. Sound card menyerupai ini ialah model terbaru yang kini ini banyak dibutuhkan, selain hasil suaranya berkualitas, pemasangannya juga tinggal plug and play. Soundcard eksternal ini cocok dipakai untuk melaksanakan perekaman suara.
Beberapa produsen sound card yang meraih kesuksesan di Indonesia antara lain sound blaster dan creative labs.

Fungsi Sound Card Lengkap

Fungsi sound card yang paling utama yakni sebagai pengolah data audio atau bunyi pada komputer. Secara umum fungsi sound card sebagai berikut :
  1. Sound Card berfungsi untuk mengkoversi sinyal digital dan analog ke bentuk gelombang sonic
  2. Sound Card berfungsi sebagai alat yang membantu memproses audio/suara komputer
  3. Sound Card berfungsi untuk meningkatkan kualitas input dan output suara/audio contohnya kualitas audio surround HD, home theater, dan bioskop.
  4. Sound Card berfungsi untuk membantu menambahkan fitur-fitur pengolahan bunyi menyerupai bass booster, 3D sound, theater sound, live sound dan aneka macam fitur lengkap lainnya.
  5. Sound Card berfungsi untuk membantu mengatur besarnya volume dan equalizer bunyi yang keluar atau masuk (rekaman).
  6. Sound Card berfungsi untuk mengkonversi audio dari piringan hitam/kaset pita kedalam bentuk audio data digital.
  7. Sound Card berfungsi untuk mengolah data bunyi rekaman (suara input) baik secara pribadi bicara atau melalui perangkat headset atau perangkat ketiga menyerupai amplier/microphone.
  8.  Sound Card berfungsi untuk membantu editing dan mengolah bunyi atau audio musik
Dengan aneka macam kelebihan fungsi dan keuntungannya yang sangat mempunyai kegunaan untuk kenyamanan anda ketika bekerja di depan komputer. Sound card ini ialah hal yang wajib ada pada sebuah perangkat komputer, jikalau tidak ada sound card bayangkan saja, anda tidak dapat mendengarkan lagu kesukaan anda (baca: mengatasi komputer tidak ada suara), tidak dapat mendengarkan bunyi film kesukaan anda. Terlebih bagi anda yang suka merekam, bunyi anda hanya akan sia-sia alasannya komputer anda tidak dapat dipakai untuk merekam.
Jadi, aneka macam jenis pilihan sound card ini dapat anda pilih sesuai kebutuhan anda. Saya sendiri hanya menggunakan sound card onboard bawaan dari motherboard, alasannya kebutuhan aku mungkin hanya untuk mendengarkan musik saja. Namun, bagi anda yang pecinta game atau ingin audia atau suaranya menyerupai home theater anda dapat menggunakan sound card eksternal atau sound card PCI. Karena hasil kualitas bunyi dan audionya sudah niscaya sangat bagus.
Demikianlah ulasan artikel mengenai pengertian dan fungsi sound card beserta jenisnya lengkap. Mungkin ada klarifikasi dari beberapa ulasan artikel yang kurang mendukung dapat anda tambahkan melalui kolom komentar semoga aku dapat menambahkan dengan lengkap. Semoga isu ini dapat menambah keilmuan anda ihwal perangkat keras komputer, terutama problem sound card. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita laptop Harga Laptop Murah Berkualitas dan Terlaris

Harga Laptop Murah Berkualitas dan Terlaris – Laptop kini ini menjadi kebutuhan wajib diberbagai bidang. Mencari atau membeli laptop yang s...